Selasa, 24 Juni 2014

Cara Mengetahui Batu Akik Asli atau Palsu


Cara Membedakan Batu Cincin Asli Atau Palsu . Bagi sobat pecinta batu-batuan cincin akik tentu tidak ingin rugi jika membeli koleksi batu batuan tersebut, pa lagi banyak marak sekarang cara atau metode pemolesan batu imitasi dengan kimia-kimia sehingga sulit membedakan mana batuan akik atau permata yang terbuat dari kaca atau asli batuan alam.





  1. Plastik atau Kaca itu bening, sedangkan batu alami kebanyakannya mengandung serat-serat di dalamnya. Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu alam yang bersih tanpa serat.

  2. Coba tempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa batu anda itu asli.

  3. Berat. Coba bandingkanlah batu asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu. tetapi ada juga yang palsu lebih berat sekarang ini.

  4. Bila permata anda itu adalah berlian, maka untuk membuat anda benar-benar yakin akan keasliannya, maka anda bisa menggunakan alat testing berlian. Sebagian besar penjual menyediakan alat ini.

  5. Cara mudah Untuk Mutiara, cara yg paling mudah adalah menggigit mutiara tersebut sekuat-kuatnya. Jika tdk ada perubahan seperti terkelupas atau pecah maka dapat dipastikan mutiara tersebut asli.

  6. Jika Batu Mulia/akik punya anda sendiri anda bisa menyundutnya dengan Rokok (membakarnya dengan korek api sebentar saja) ada bisa lihat perubahan pada batu anda jika batu tersebut palsu.

  7. Bila anda masih ragu-ragu juga, sebaiknya bertanyalah kepada ahlinya demi keselamatan anda


Ciri-ciri Batu Sintetis /Plastik:




  1. Bening seperti kaca, tidak terlihat serat-serat di dalamnya.

  2. Terasa lebih ringan untuk batu seukurannya.

  3. Akan ada perubahan jika anda membakarnya.

  4. Akan tergores atau lecet jika terjatuh atau di gesekan dengan benda keras lainnya


Beberapa Jenis Batu Natural dan Sinteticnya:


  1. Blue Sapphire(Natural) x King Sapphire(Sintetic)

  2. Ruby(Natural) x Merah Siam(Sintetic)

  3. Star Ruby/Sapphire(Natural) x American Star(Sintetic)

  4. Emerald/Zamrud(Natural) x Zamrud Chatam/Chatum(sintetic)


Batu Imitasi adalah tiruan yang terbuat dari kaca atau plastik

Demikian Artikel tentang Membedakan Batu Asli/Alami dengan Sintetic/buatan. Jika anda masih ragu2 baiknya bertanyalah pada Ahlinya atau silahkan test batu anda ke Lab Gemologi terpercya dan terdekat dikota anda



0 komentar :

Poskan Komentar

Copyright 2011 Beasiswa - Template by wesleyrizal - Admin www.beasiswaluarnegerigratis.blogspot.com