Kamis, 17 Juli 2014

Tips Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan Saat Belajar


Tips Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan Saat Belajar . Mengantuk adalah salah satu reaksi alamiah yang dialami oleh semua orang. Meskipun waktu normal, dan mengantuk di tempat yang salah dan akan menyebabkan sejumlah masalah (saat mengemudi mobil, misalnya). Orang-orang biasa dengan kantuk yang berlebihan biasanya disebabkan oleh kurangnya pola tidur yang tepat, seperti larut malam, terlalu lelah, bosan, atau bahkan karena default. Bagi mereka yang memiliki masalah kantuk yang berlebihan, dan membuat Anda merasa benci atau kelebihan beban karena kantuk, berikut adalah beberapa langkah tentang cara mengatasi kantuk





  • Untuk Anda yang mengalami ngantuk di tempat kerja, tidur siang bisa jadi merupakan solusi yang tepat. Tidur siang yang dilakukan sebaiknya hanya 5-25 menit saja dan tidak lebih dari itu, serta tidur di meja kerja bukanlah ide yang baik! Coba cari tempat tenang (misalnya mushola) untuk melepaskan kantuk! Jika tidak bisa tidur siang, cobalah beristirahat dengan tenang selama 10 menit sambil menutup mata.

  • Perhatikan posisi duduk anda agar selalu tegak. Posisi duduk yang tegak mampu memperlancar peredaran darah hingga ke otak. Saat posisi duduk tegak, pembuluh darah utama mendula oblongata bisa terbuka lebar seperti selang yang bulat. Jangan duduk terlalu menyandar atau menunduk. Posisi ini membuat saluran pembuluh darah terpencet sehingga peredaran darah terhambat.

  • Minum seteguk air. Kesegaran air yang masuk ke dalam tubuh mampu menimbulkan sensasi segar luar biasa sehingga ngantuk pun akan hilang seketika.

  • Bagi yang ngantuk ketika belajar, bangkitkan lagi semangat dengan menghayati tujuan akhir yang ingin dicapai. Yakinkan diri anda bahwa saat ini belajar lebih penting dari tidur.

  • Cara lainnya yang cukup efektif adalah dengan memutar music favorit. Cara ini mampu mempengaruhi suasana hati agar tetap bersemangat.

  • Cara mengatasi ngantuk selanjutnya yakni dengan ditemani makan makanan ringan. Siapkan makanan ringan untuk mengalihkan perhatian dari rasa kantuk. Namun tetap perhatikan agar tidak terlalu kenyang karena biasanya kalau terlalu kenyang bawaannya malah lebih ngantuk.

  • Olahraga ringan juga terbukti mampu menghilangkan rasa ngantuk secara alami. Coba untuk sit up, push up, atau sedikit melakukan lompatan terbukti efektif untuk meningkatkan kembali kecepatan jantung Anda dalam memompa darah sehingga oksigen bisa masuk ke otak secara penuh.




0 komentar :

Posting Komentar

Copyright 2011 Beasiswa - Template by wesleyrizal - Admin www.beasiswaluarnegerigratis.blogspot.com