Minggu, 13 April 2014

Misteri Lukisan Goa Tertua di Dunia

Di zaman prasejarah, manusia menjadikan gua sebagai tempat perlindungan. Berbagai kegiatan mulai dari tidur hingga membuat lukisan indah pun dilakukan di sana. Namun, tahukah Anda lukisan gua mana yang paling tua di dunia?



Lukisan gua biasanya identik dengan pola titik, garis tangan, atau gambar hewan. Tak hanya di satu tempat, lukisan tangan seperti itu banyak ditemukan di banyak gua di dunia. Namun tak ada yang tahu lukisan gua mana yang paling tertua.







Arkeolog menemukan ada 11 lokasi gua di Spanyol yang dianggap memiliki lukisan gua paling tua. Dari BBC, Jumat (11/4/2014) salah satunya ada di Gua El Castillo. Pola titik yang samar diperkirakan berusia 40.800 tahun. Usia inilah yang membuatnya dinobatkan sebagai lukisan gua tertua di dunia.



"Di El Castillo, kita menemukan stensil tangan yang dibentuk, seperti cat yang ditiup ke tangan dan menempel di dinding gua," jelas ilmuwan dari Bristol University, Inggris, Dr Alistair Pike.



Gua El Castillo berada di Kota Puente Viesgo, Provinsi Cantabria, Spanyol. Masuk ke dalam, turis langsung dihadapkan dengan lukisan di dinding gua yang begitu jelas.



Mulai dari titik titik besar berwarna merah, hingga cetakan telapak tangan masih terlihat jelas di sana. Bukan cuma itu, jika menoleh ke dinding yang lain, turis bisa melihat ada lukisan dinding berbentuk hewan.



Saat dihitung arkeolog, Gua El Castillo ternyata berisi lebih dari 100 gambar yang berbeda. Gambar-gambar ini diduga dicat menggunakan arang. Sedangkan warna merah diduga berasal tumbuhan di sekitar.


0 komentar :

Poskan Komentar

Copyright 2011 Beasiswa - Template by wesleyrizal - Admin www.beasiswaluarnegerigratis.blogspot.com