Selasa, 07 Mei 2013

Definisi Ekonomi Dan Istilah-istilah Ekonomi

Definisi Atau Pengertian Ekonomi

Istilah ekonomi diambil dari dua kata "oikos" artinya Rumah tangga atau keluarga dan "nomos" yang artinya aturan atau manajemen. secara etimologi ekonomi adalah aturan atau manajemen rumah tangga.Dari gabungan kata tersebut, terbentuklah pengertian ekonomi.

economic definition

Dimana dalam pengertian tersebut, menunjukkan sebuah kondisi yang merujuk pada pengertian tentang aktivitas manusia. Khususnya pada usaha untuk bisa mengolah sumber daya yang ada di lingkungan sekitarnya, sebagai alat pemenuh kebutuhan hidup.



economic definition

Bila menurut asal kata tadi Ekonomi juga bisa diartikan denga sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana manusia mencukupi kebutuhan hidupnya.







Pengertian Ekonomi menurut para ahli



  1. Adam Smith mengartikan ekonomi adalah penyelidikan tentang sebab dan keadaan kekayaan suatu negara.



  2. Menurut Paul A. Samuelson, ekonomi adalah cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.



  3. Menurut Abraham Maslow, ekonomi adalah salasatu bidang pengkajian yang menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui pengembangan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi.



  4. Menurut T. Nurdiaman, ekonomi adalah kajian mengenai cara manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya yang menyangkut aktivitas konsumsi, produksi dan distribusi.







Istilah Dalam Pengertian Ekonomi



Di dalam pengertian ekonomi, terdapat beberapa istilah baku yang banyak digunakan dalam kajian ekonomi. Beberapa istilah tersebut di antaranya adalah :economic sense




  1. Azas Ekonomi. Adalah dasar-dasar yang digunakan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan terkait sektor perekonomian

  2. Faktor Produksi. Di dalam aktivitas ekonomi, terdapat beberapa hal yang menjadi dasar dalam kegiatan ekonomi tersebut.

  3. Prinsip ekonomi. Ini merupakan dasar manusia dalam melakukan aktivitas ekonomi, yaitu dengan modal yang minimal menghasilkan keuntungan optimal.

  4. Sistem ekonomi. Pengertiannya adalah sebuah sistem yang dianut oleh sebuah negara dalam menentukan kebijakan perekonomian dalam sebuah negara. Seperti ekonomi liberal, ekonomi sosial dan sistem ekonomi demokrasi.




0 komentar :

Posting Komentar

Copyright 2011 Beasiswa - Template by wesleyrizal - Admin www.beasiswaluarnegerigratis.blogspot.com