Sabtu, 29 September 2012

UMA Dapat Tawaran Beasiswa Kuliah Gratis Uni Eropa

MEDAN (Berita): Program beasiswa Erasmus Mundus Uni Eropa menawarkan kerjasama kuliah gratis kepada Universitas Medan Area (UMA) khususnya bagi mahasiswa maupun dosen yang akan  melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 dan S3 di 27 negara anggota Uni Eropa.
Presentasi dan informasi penawaran beasiswa Erasmus Mundur Uni Eropa dilakukan UMA bekerjasama dengan delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Brunai Darussalam dan Asean di ruang pascasarjana UMA Kampus II Jl Sei Serayu Medan, Kamis (13/9).
Kegiatan tersebut menampilkan pembicara delegasi Uni Eropa bidang pendidikan beasiswa Erasmus Mundus Ny Clire dan Destriani Nugroho, Dekan Fisipol Drs H Irwan Nasution MAP dan Ketua Panitia selaku project officer Rudi Salam Sinaga S.Sos, MSi.
Destriani Nugroho mengatakan, beasiswa Erasmius Mundus menyediakan 130 beasiswa untuk program S2 dan 34 beasiswa untuk S3 yang akan diberikan kepada mahasiswa semester akhir yang akan melanjutkan ke jenjang S2 dan lulusan S2 yang akan melanjutkan ke jenjang S3 di Indonesia, Brunai Darussalam dan negara Asean lainnya.
Bagi mahasiswa yang lulus akan diberikan biaya pendidikan dan biaya hidup sebesar Rp 600 juta selama dua tahun untuk program S2 dan untuk beasiswa S3 sebanyak Rp1 miliar selama tiga tahun.
Untuk mendapatkan kuliah gratis beasiswa pendidikan dari Uni Eropa akan membuka aplikasi online di awal tahun 2013 mendatang dan tes dilaksanakan pada Februari 2013. Jika mahasiswa telah dinyatakan lulus, Uni Eropa akan memberangkatkan pada juli 2013 untuk masuk di perguruan tinggi di 27 negara anggota Uni Eropa antara lain, Austria, Belanda, Belgia, Bulgaria, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Hongaria, Inggris Raya, Irlandia, Italia, Jerman, Latvia, Lithunia, Luksemburg, Malta, Perancis, Polandia, Rumania, Siprus, Slovenia, Spanyol, Swedia dan Yunani.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jaringan kerjasama dengan lembaga luar untuk mencapai mutu pendidikan yang lebih baik dan berharap alumni UMA dapat memanfaatkan beasiswa ini. Disamping juga untuk mempromosikan Uni Eropa sebagai pusat keunggulan ilmu di dunia.
“Komitmen berbakti untuk membantu peradaban di negara berkembang terutama untuk membantu di bidang pendidikan di negara tersebut merupakan bukti kepedulian Uni Eropa kepada bangsa-bangsa di dunia,” ujarnya.
Sementara Dekan Fisipol Irwan Nasution mengharapkan agar mahasiswa semester akhir dan staf pengajar sebagai sasaran kegiatan ini dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan secara gratis dari Uni Eropa.
“Kita menyadari Uni Eropa tidak hanya menjadi pusat keunggulan ilmu di dunia, tapi bagi mahasiswa yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 maupun S3 selama ini kurang mendapat pencerahan, sehingga dengan kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan wawasannya,” tambahnya.(aje)

0 komentar :

Posting Komentar

Copyright 2011 Beasiswa - Template by wesleyrizal - Admin www.beasiswaluarnegerigratis.blogspot.com